Tak Berkategori

Tips Sebelum Anda Membuat Kitchen Set

Apakah Anda berencana untuk membuat kitchen set untuk dapur rumah Anda? Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum mengambil keputusan, baik saat memilih bahan, pengrajin yang bertanggung jawab atas pekerjaan untuk menentukan desain. Berikut adalah tujuh hal yang harus Anda pertimbangkan ketika membuat set dapur, seperti dilansir Mabeslor.

  1. Hitung Luas Dapur
    Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah area tempat Anda meletakkan kitchen set. Dengan menghitung luas dapur, Anda bisa mengetahui apa yang penting dan tidak selalu penting di dapur. Misalnya, jika Anda tinggal di apartemen, ruang dapur biasanya tidak terlalu besar, jadi Anda harus menentukan skala prioritas. Untuk ruangan kecil, Anda harus memprioritaskan peralatan utama seperti kabinet atas (untuk menyimpan piring, gelas, pisau, dan peralatan kecil lainnya), kabinet bawah (meletakkan panci, wajan, dan peralatan memasak besar lainnya), penghirup asap , kompor gas dan tempat cuci piring. Pengukurannya sangat penting, jangan sampai pot besar Anda tidak muat di kabinet karena salah mengukurnya.
  2. Bahan Dasar
    Terdapat banyak jenis bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kitchen set mulai dari multiplex / plywood, MDF, particle board dan block board. Bahan yang direkomendasikan biasanya multipleks atau kayu lapis, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih rapat sehingga lebih tahan lama dan kuat untuk memasang sekrup. Anda juga dapat menggunakan kayu solid seperti jati atau meranti, tetapi akan sangat mahal dan bisa sulit jika anggaran Anda terbatas.
  3. Bahan untuk Finishing
    Selain membuat kitchen set lebih indah, finishing juga bisa melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan sehingga lebih tahan lama. Bahan untuk finishing ada berbagai macam, seperti deco sheets, HPL, melamic dan duco. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Deco sheet adalah lapisan lengket dengan bahan elastis dan tipis, biasanya memiliki motif vena kayu. Ini adalah bahan yang paling ideal untuk kitchen set dapur bersih yang jarang digunakan untuk memasak makanan berat. Bahannya fleksibel dan bisa menyesuaikan bentuk kitchen set dan tidak mudah dikupas. Tetapi karena bahannya tipis, decosheet tidak tahan terhadap panas dan minyak, sehingga lebih cocok sebagai kabinet atas.

HPL atau laminasi tekanan tinggi adalah bahan plastik yang tipis. Metode pemasangan kurang lebih sama dengan deco sheet, yang direkatkan tetapi bahannya lebih tebal. HPL juga banyak digunakan untuk bahan finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas.

Melamic adalah pelapis berbentuk cair yang disemprotkan sebagai pelapis luar furnitur. Jenis finishing ini membutuhkan perawatan ekstra, jangan sampai permukaannya basah atau jarang dibersihkan karena bisa menjadi tempat bagi cetakan untuk berkembang biak. Pilihan lain adalah cat duco, yang merupakan jenis finishing paling mahal tetapi dapat membuat kitchen set terlihat elegan dan hasilnya tahan lama. Cat duco memiliki berbagai efek seperti glossy atau matte.

4.Desain
Soal pemilihan pada desain, Anda jangan tergoda untuk membuat kitchen set dengan desain yang unik atau terlalu rumit. Dalam menentukan pilihan desain, Anda harus tetap fokus pada kebutuhan akan kitchen set. Saat ini ada banyak desain inovatif untuk set dapur, tetapi kadang-kadang desain ini tidak dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. Karena itu, sebelum menentukan penampilan, pastikan dulu seberapa lebar dapur Anda, peralatan yang akan digunakan, kegiatan apa yang akan Anda lakukan di dapur dan sebagainya. Penting juga untuk memikirkan kesesuaian desain kitchen set dengan penampilan rumah secara keseluruhan. Tentunya tidak cocok jika Anda membuat desain dapur minimalis modern di rumah dengan gaya klasik atau Victoria.

5. Penempatan Peralatan
Prioritaskan menempatkan peralatan penting hanya jika peralatan dapur Anda tidak terlalu besar. Misalnya, kompor gas dan lemari es. Sedangkan untuk dispenser atau microwave, dapat disesuaikan dengan ukuran kitchen set.

6. Gunakan Tenaga Ahli
Meski untuk kebutuhan rumah tangga, kitchen set adalah salah satu properti yang bisa menambah keindahan rumah. Bahkan, Anda bisa mengatakan itu adalah karya seni, jadi pilih penyedia layanan kitchen set yang cukup terampil dan memiliki ‘rasa seni’. Pembuat kitchen set yang berpengalaman salah satunya kitchen set jakarta timur dapat memberikan pendapat, pandangan dan input mengenai bentuk kitchen set yang paling tepat sambil menyesuaikannya dengan keinginan pelanggan. Anda juga bisa mendapatkan referensi terbaik untuk membuat set dapur.

7. Cari Referensi
Membuat set dapur melibatkan banyak keahlian, mulai dari pengrajin kayu, bangunan hingga teknisi listrik. Jadi, layanan kitchen set biasanya terdiri dari tim besar yang bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing mulai dari membobol dinding dapur hingga memasang finishing. Jika Anda tidak benar-benar mengerti tentang perkiraan biaya, pemilihan bahan dan teknik pembuatan, Anda harus meminta referensi dari teman atau kerabat dan memastikan peralatan dapur dilakukan oleh seseorang yang Anda percayai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *